Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Membuka File Word yang Terkunci, Mudah!

Begini Cara Membuka File Word yang Terkunci, Mudah!
Cara membuka file word yang terkunci bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda juga bisa menggunakan cara tanpa harus dibantu oleh aplikasi tambahan dan yang lainnya. Beberapa alasan mengapa para pengguna memilih untuk mengunci file word. Salah satunya adalah file tersebut sangat privasi atau penting.

Selain menjaga privasi, kegunaan mengunci file word ini bertujuan untuk menghindari plagiarisme yang bisa dilakukan oleh siapa saja saat membuka file Anda. Kemudian yang paling merugikan saat orang lain berusaha mengubah dan mengedit isi dari file word tersebut.

Baca Juga : Cara Reset Password Di Windows, Work!

Dokumen atau file word yang sudah terkunci kadang Anda bisa jadi lupa bagaimana cara membuka file word tersebut. Cara membuka word terkunci Dokumen yang sudah terkunci tidak dapat dicopy ataupun diedit. Dokumen ini hanya dapat dibaca oleh pengguna tanpa harus merubah format dan tulisan di dalam word.

Membuka File Word Terkunci Dengan WordPad

Cara pertama yang dapat Anda lakukan saat ingin cara membuka file word yang terkunci adalah dengan menggunakan WordPad. WordPad ini hampir sama dengan Ms Word, WordPad merupakan software untuk membantu Anda mengolah tulisan serta tampilannya juga jauh lebih sederhana dibandingkan dengan Ms Word.

Berikut ini cara – cara yang dapat Anda lakukan ketika cara membuka file word yang tidak bisa terbuka.

  • Cara pertama adalah Anda bisa langsung membuka file Ms Word yang terkunci, lalu klik File yang ada di bagian pojok kiri atas lalu pilihlah Save As.
  • Cara kedua adalah dengan memilih folder yang ingin Anda simpan file tersebut.
  • Cara ketiga bisa langsung Anda ganti ekstensi file menjadi .rtf temukan format tersebut di bagian menu Save as Type, lalu tekan Save.
  • Cara keempat, Anda bisa langsung membuka file dengan aplikasi WordPad. Klik kanan dan pilih Open wih WordPad
  • Cara kelima, saat file word sudah terbuka pilihlah menu Save yang ada di bagian atas.
  • Cara keenam, buka lagi file terkunci dengan menggunakan Ms Word. Klik kanan pada bagian file, lalu Open with sampai muncul tampilan dialog box, Anda bisa milih Word. File sudah dapat Anda edit kembali.

Membuka File Word Terkunci Dengan Google Drive

Adapun cara mudah untuk membuka file word yang terkunci selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi word yang terkunci pakai Google Drive. Pastikan Anda sudah memiliki akun gmail agar langsung terkoneksi dengan Google Drive.

Kegunaan dari Google Drive ini sangat banyak manfaatnya bagi para pengguna. Dalam Google Drive memberikan ruang penyimpanan yang sangat besar. Selain itu juga Anda bisa digunakan untuk membantu masalah Anda seperti sulit membuka file word yang terkunci. Anda bisa gunakan beberapa langkah mudah dibawah ini.

  • Cara pertama, Anda bisa langsung masuk ke Google Drive. Anda bisa gunakan browser di laptop dan login saja ke akun gmail Anda lalu pilih drive google.
  • Cara kedua, Anda bisa langsung memilih New di bagian kiri atas tampilan Google Drive, lalu pilih saja File Upload. Pilih saja file dari Ms Word yang terkunci dan Anda open saja. Tunggu beberapa saat sampai file tersebut selesai di upload ke Google Drive.
  • Cara ketiga, Anda bisa membuka file dengan pilihan menggunakan Google Docs yang tersedia di dalam Google Drive tersebut.
  • Cara keempat, setelah file yang terkunci bisa Anda buka melalui Google Docs, silahkan klik File yang ada dibagian pojok kiri atas, lalu pilih Download As, kemudian pilih Microsoft Word .docx.
File sudah bisa Anda download dan sudah tidak terkunci dengan kata sandi lagi. Anda juga bisa mengedit file word seperti semula. 

Membuka File Word Yang Terkunci Tanpa Aplikasi Tambahan

File word yang terkunci dan tidak bisa Anda buka mungkin Anda bisa melakukan beberapa cara sepertu mengambil alih sementara kepemilikan Windows. Klaim izin suatu file bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu Anda membuka file word yang terkunci.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Perekam Layar Tanpa Watermark Untuk HP, Work!

Anda bisa langsung membuka file word yang ada di folder PC atau laptop. Kemudian klik kanan dan pilih saja Properties, lalu pilih Tab Security dan klik Advanced. Setelah itu, Anda akan masuk ke menu Tab Owner kemudian bisa klik Edit dan Ok.

Lanjut buka kembali Tab Security seperti diatas. Kemudian Anda bisa memilih pengguna yang dapat mengakses keseluruhan dokumen word tersebut dengan cara klik kolom Allow yang ada di bagian paling bawah. Hingga langkah terakhir adalah memilih menua Add dan sertakan nama pengguna untuk bisa membantu Anda membuka file word yang terkunci.

Cara membuka file word yang terkunci bisa dengan mudah Anda lakukan menggunakan bantuan aplikasi tambahan atau langsung menggunakan aplikasi yang sudah ada di PC atau laptop Anda.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membuka File Word yang Terkunci, Mudah!"