Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sangat Mudah, Mengubah Word To PDF dengan Ms Word

Apa itu PDF? Portable Document Format atau biasa kita sebut dengan PDF adalah sebuah file yang berformat dokumen atau berkas yang berbentuk digital. Format PDF diciptakan oleh Adobe System pada tahun 1993. Awalnya format ini digunakan untuk pertukaran dokumen digital. Namun seiringnya berjalannya waktu, format PDF ini digunakan untuk persentasi dokumen dua demensi yang terdiri dari huruf, text, grafik dan citra.

Fungsi Format PDF Secara Umum

Mengacu pada pengertian PDF diatas, fungsi dari format PDF sendiri yaitu untuk membuat dan menyimpan dokumen yang berisi text & gambar dengan format khusus yang dibuka juga dengan program khusus. Format PDF sangat berbeda dengan format .doc pada Microsoft Office. Dimana dokumen yang berformat PDF lebih fleksible yang dapat dikunci dan dengan tingkat keamanan yang lebih aman.

Kelebihan PDF Dibandingkan Dengan Format Lain

1. Dokumen Yang PDF Lebih Fleksibel Untuk Digunakan
Mengacu pada penjelasan diatas, dimana dokumen yang berformat PDF dapat dibuka secara fleksible. Baik pada komputer ataupun smartphone. Meskipun format ini dibuka pada perangkat dengan versi yang berbeda, tidak akan mengubah isi dari file nya. Isi dari dokuemn yang berformat PDF bersifat tetap dan tidak akan berubah.

Inilah yang merupakan kelebihan PDF dibandingkan dengan dokumen yang berformat .doc milik microsoft word yang cenderung akan berubah isinya jika dibuka pada perangkat yang memiliki versi program yang berbeda.

2. PDF Memiliki Fitur Lock
Adobe selaku pencipta format PDF mengembangkan juga fitur kunci atau lock pada PDF. Sehingga jika dokumen tidak ingin tersebut diedit oleh orang lain maka dapat mengunci dokumen tersebut.

3. PDF Dapat Diedit
Dokumen yang sudah diubah atau disimpan dengan format PDF masih bisa untuk diedit kembali dengan bantuan software PDF Reader.

Cara Mengubah Dokumen Word Ke PDF Dengan Mudah

Untuk pengguna Microsoft Word Versi 2010, 2013, 2019 maupun 2019 yang ingin dokumen wordnya disimpan dengan format PDF maka tidak perlu khawatir, karena pada Microsoft Word sudah disediakan fitur konversi agar dokumen tersebut dapat disimpan dengan format PDF tanpa dengan bantuan pihak ketiga.

Langkah-langkah untuk mengubah word ke pdf yaitu sebagai berikut :
  • Pastikan versi Microsoft Wordnya Versi 2010 ke atas, lalu siapkan dokumen yang akan diubah ke format PDF.
  • Pilih menu File => Save As => Browse.
  • Lalu pada pilihan Save As Type pilih PDF.
Sangat Mudah, Mengubah Word To PDF dengan Ms Word

Sangat Mudah, Mengubah Word To PDF dengan Ms Word
  • Klik Save.

Lalu Bagaimana Jika Menggunakan Microsoft Word Versi 2007 Ke Bawah ?

Tenang saja jika menggunakan Microsoft Word versi lama yaitu 2007 kebawah, maka untuk membuat file word menjadi PDF juga masih bisa. Tetapi untuk kali ini menggunakan bantuan website convert online. Ada banyak sekali situs online yang menyediakan tools convert dokumen ke format PDF, Diantaranya yaitu :
Dan masih banyak lagi, cari saja pada google dengan mengetikan Word To PDF . Makan akan banyak situs online yang menyediakan konversi dokumen ke PDF secara online. Konversi PDF ini, harus dengan mengupload dokumen word yang akan diubah ke format PDF. Lalu download hasil konversinya dalam bentuk PDF.

Demikian cara mengubah word to pdf secara mudah. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Sangat Mudah, Mengubah Word To PDF dengan Ms Word"